Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Ketidakhadiran Online Dengan Google Form

Absensi sungguh penting dalam banyak sekali bidang mirip pendidikan dan pekerjaan. Mengapa penting? Karena fungsinya untuk mencatat jam kedatangan. Dilingkungan pekerjaan untuk catatan kehadiran karyawan atau pegawai sedangkan disekolah untuk catatan kehadiran siswa. Ada banyak cara untuk menciptakan absensi secara online. Salah satunya yakni dengan menggunakan Google Form.

Ada beberapa jenis absensi yang mampu kita jumpai. Ada yang dilakukan secara manual menggunakan kartu ketidakhadiran. Yang lain menggunakan mesin absensi seperti analog, mesin absensi digital PIN, Mesin ketidakhadiran digital magnetic card, absensi biometrik hingga dengan penggunaan aplikasi absensi online. Mana jenis Absensi yang sekarang Anda gunakan?

Layanan dari Google sekarang sudah dirancang secara mutakhir untuk berbagai keperluan. Salah satunya ialah kemampuan untuk buat mangkir online dengan mudah melalui layanan Google Form. Cara ini termasuk mudah untuk menciptakan data kehadiran yang akurat dan baik. Namun, sebagian orang masih galau terkait bagaimana menciptakan absensi di Google Form. Untuk itu, kita akan simak rangkaian tahapannya di bawah ini.

Cara Membuat Absensi Online dengan Google Form 

1. Membuat Folder absensi di Google Drive

Layanan yang diberikan Google ada banyak sekali macam. Nah, tidak cuma google form, Anda juga mampu menggunakan yang namanya Google Drive sebagai alat bantu untuk menciptakan folder absensi di Google Drive. Namun sebelumnya menggunakannya, Anda perlu memiliki akun dan melakukan tahapan login dengan menggunakan alamat google yang digunakan. Bagaimana caranya? Langkah langkahnya yakni sebagai berikut :

  • Pertama tama, Anda perlu mengakses alamat URL di https://drive.google.com
  • Setelah sukses masuk dalam halaman Google Drive, Anda mampu menciptakan folder di dalamnya apalagi dulu dengan cara mengklik sajian “FOLDER” pada sajian bab samping. 
  • Jangan lupa beri nama Folder Anda dengan sempurna lalu klik “Create”.

2. Membuat Form Absensi lewat Google Form

Setelah selesai melakukan pada tahap pertama, langkah berikutnya adalah bagaimana caranya menciptakan form absensi nya di Google Form. Langkah langkahnya secara lengkap yakni selaku berikut :

  • Pertama tama, pilih tombol “New” kemudian “Google Form” lalu “Blank Form
  • Tahap berikutnya Anda perlu mengisi judul lengkap dengan deskripsi dari form absensi sebagai contoh seperti “Absensi Matpel ASJ Kelas XII TKJ1
  • Setelah itu pada bab buatlah input untuk data Hari, Tanggal dan Waktu dengan menggunakan “type input Date”.
  • Buat juga input data Nama. Untuk Nama gunakan “type input dropdown”.
  • Lalu input bab data absensi dengan memakai input “type Linear Scale”.
  • Setelah final maka akan tampil form ketidakhadiran yang Anda buat lengkap dengan data untuk pengisian waktu, nama serta keterangan ketidakhadiran untuk alpa, sakit, ijin dan hadir.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengaktifan “Limit to 1 response”. Hal ini bermaksud agar satu kali pengisian untuk setiap email. Cara mengaktifkannya adalah dibagian sajian “Setting”  dan “General” kemudian berikan tanda centang pada “Limit to 1 response”.

3. Mendistribusi Link Absensi

Nah, pada tahapan sebelumnya Anda sudah sukses membuat Absensi Google Form. Nah, apa tahapan berikutnya yang perlu Anda lakukan? Langkah selanjutnya yaitu mendistribusikan link formulir. Caranya mampu Anda simak pada poin poin berikut ini.

  • Pertama, klik tombol “Send”.
  • Kemudian pilihlah lagi “Send Form Link”, kemudian berikan centang di fitur “Shorten URL” lalu selanjutnya pilih tombol “Copy”.
  • Nah, pada langkah ini Anda telah bisa melakukan share ke anggota secara eksklusif maupun dalam group. 

4. Mendownload Hasil Absensi 

Tahapan akhir yang perlu Anda ketahui adalah cara untuk mendownload hasil absensi yang diperoleh dengan menggunakan format file “Spreadsheet”  atau “CSV”. Untuk langkah langkahnya yakni :

  • Masuk pada bab “Tab Responses
  • Memilih simbol “Spreadsheet” untuk membuat file serta memberikan namanya.
  • Setelah itu, file atau data secara otomatis akan tersimpan pada folder ketidakhadiran yang telah dibuat tersebut.
  • Berikunya, Anda mampu langsung beralih dan masuk ke Google Drive untuk melakukan download file
  • Kini Anda sudah mampu memperlihatkan data absensi. Untuk hasil yang lebih rapi, Anda perlu memakai logika dalam data ketidakhadiran seperti bernilai 1 (Alpa), 2 (Sakit), 3 (Izin), 4 (Hadir) dengan rumus Excel “IF”.

Demikianlah isu terbaru yang membahas tentang cara dan panduan menciptakan ketidakhadiran online dengan Google Form yang bagus dan benar. Google Form sendiri ada banyak faedah selain dalam hal pembuatan absensi. Beberapa diantaranya yakni mengumpulkan data dan info secara real time, menyimpan data dari Google Drive secara otomatis dan masih banyak lagi. Selengkapnya Anda mampu simak di buatkuingat.com

Mari Manfaatkan teknologi terbaru yang mampu makin membuat lebih mudah pekerjaan dan kegiatan Anda baik dikerjakan secara online maupun offline. Gunakan teknologi sebijak mungkin dan rasakan sendiri keuntungannya. Seperti salah satu teknologi yang kita bahas adalah Google Form yang sungguh menolong dalam menciptakan absen online yang gampang. Semoga berfaedah.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Ketidakhadiran Online Dengan Google Form"