Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Olimpiade Vektor Matematika Sd Mi

Contoh Soal Olimpiade Vektor Matematika SD MI - Khusus untuk adik-adik sekolah dasar kali ini akan dibagikan sebuah contoh soal olimpiade matematika. Untuk materi latihan adik - adik pelajar sekolah dasar (SD/MI) ya. 

Silahkan digunakan selaku bahan berguru dalam menguasai materi pelajaran khususnya Matematika. Mau ikut olimpiade, harus ada persiapan dong. Jangan asal ikut saja. Siapa tahu bisa menjadi yang terdepan. 

1) Soal olimpiade ipa sd
2) Soal osn matematika sd 2019
3) Soal olimpiade matematika sd pdf
4) Soal olimpiade matematika sd 2018
5) Contoh soal olimpiade matematika sd dan kunci balasan
6) Contoh soal olimpiade matematika sd kelas 5 dan kunci balasan
7) Soal olimpiade matematika sd perihal sudut

Atau mungkin ada yang sedang belajar soal osn matematika sd tingkat kecamatan? Bisa berlatih bersama disini. Ada banyak referensi yang mampu digunakan untuk materi mencar ilmu menghadapi kontes-lomba.

Cobalah untuk mengerjakan soal latihan olimpiade tersebut tanpa pemberian orang lain supaya adik-adik dapat mengenali seberapa jauh kemampuan adik-adik dalam menguasai materi pelajaran tersebut khususnya yang sering dilombakan dalam olimpiade Matematika.

A. Contoh Soal Bagian 1 Olimpiade Matematika

Berikut ialah soal bagian 1 untuk olimpiade matematika. Soal berikut merupakan soal pilihan ganda (PG) yang disertai dengan 4 nomor jawaban yang mesti diseleksi. Silahkan lakukan masing-masing soal dengan benar dan tepat.

Soal Bagian 1: Pilihlah Jawaban Yang Tepat!

1. Jumlah sebanyak 11 bilangan ganjil berurutan adalah 11. Bilangan ganjil terbesar di antara bilangan-bilangan ganjil tersebut adalah .....
A. 11
B. 21
C. 35
D. Tidak ada

2. Aku adalah sebuah bilangan ratusan yang merupakan selisih bilangan kuadrat ratusan dan bilangan kubik ratusan. Jika ketiga digitku seluruhnya sama, maka berikut ini bilangan yang mungkin menjadi Aku yakni ....
A. 111
B. 222
C. 333
D. 444

3. Given a two digit number, a sequence is formed by doubling the units digit, adding the tens digit and recording the result. The pattern is ten applied to this number to obtain the third number and so on. (An example would be the sequence 59, 23, 8, 16, 13, …). Find the 13st term of the sequence if the 1st term is 14.
A. 2
B. 18
C. 17
D. 15

4. Dua bilangan mempunyai perbandingan 3 : 7. Jika 21 disertakan ke masing-masing bilangan, perbandingannya menjadi 1 : 3. Selisih kedua bilangan tersebut ialah…..
A. 63
B. 84
C. 113
D. 147

5. Hitunglah nilai dari 20102010 × 20102012 − 20102009 × 20102013 = ….
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3

6. Sarinah memiliki uang sebesar Rp 500.000,- yang terdiri atas uang sepuluh ribuan dan lima ribuan. Jika lembaran duit yang dimiliki Sarinah ada sebanyak 60 lembar maka selisih banyaknya lembar uang sepuluh ribuan dan lima ribuan itu yaitu ….. lembar.
A. 10
B. 20
C. 30
D. 40

B. Soal Essay Bagian 2 Tes Olimpiade Matematika

Setelah mengerjakan soal sebelumnya di atas sekarang cobalah untuk melakukan soal-soal bab 2 berikut yang merupakan soal essay untuk pola soal olimpiade matematika. Soal selengkapnya selaku berikut!

Bagian 2: Tuliskan Jawaban Akhir!
1. Permen yang dimiliki Anggun masih tersisa tiga rasa: apel, anggur, dan jeruk. Permen rasa apel tinggal 1 permen, sedangkan permen rasa anggur tinggal 2 permen, dan permen rasa jeruk tinggal 3 permen. Kepada keempat temannya, Anggun membagi permennya sehingga masing-masing dari mereka menerima 1 permen. Ada berapa cara Anggun membagi permen-permen tersebut?

2. Gula jenis A harganya Rp 13.000,- per kg sedangkan gula jenis B harganya Rp 10.000,- per kg. Seorang penjual mencampur gula jenis A dan jenis B dengan komposisi gula jenis A dan jenis B adalah 1 : 2. Penjual itu menjual kembali gula adonan dengan harga Rp 12.000,- per kg. Tentukan besarnya modal berupa duit yang mesti disiapkan untuk berbelanja gula biar si penjual mendapat untung sebesar Rp 24.000,-.

3. Suatu lintasan balap kendaraan beroda empat mainan berupa bundar dengan keliling 360 m. Tiga mobil mainan dimainkan. Mereka berangkat bahu-membahu dari titik yang sama pada pukul 20:12. Mobil pertama mampu mengelilingi lintasan sepanjang 48 meter per menit, mobil kedua mampu mengelilingi lintasan 60 meter permenit, dan kendaraan beroda empat ketiga mampu mengelilingi lintasan sepanjang 72 meter permenit. Untuk pertamakalinya sesudah mereka berangkat bersama-sama, mereka akan bertemu kembali pada pukul…..

4. Two candles have different lengths and thicknesses. The longer one can burn for 7 hours and the shorter one for 10 hours. After 3 hours’ burning, both candles have the same length. What was the shorter candle’s length divided by the longer candle’s length?

Meski hanya beberapa nomor soal saja yang mampu diberikan pada peluang ini tetapi kami percaya Contoh Soal Olimpiade Matematika ini dapat berkhasiat khususnya untuk adik-adik pelajar sekolah dasar yang bernita mengikuti olimpiade matematika. 


Selain dapat digunakan untuk antisipasi mengikuti olimpiade, soal latihan tersebut tentunya juga dapat dipakai untuk mengasah kemampuan dan penguasaan kita utamanya untuk bahan pelajaran matematika yang telah dipelajari.

Sampai disini, silahkan adik-adik lihat contoh soal untuk SD lain yang juga sudah disiapkan selaku materi latihan soal. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog ini lagi untuk mencari berbagai soal dan tanggapan yang diperlukan selaku materi latihan di rumah.

Posting Komentar untuk "Soal Olimpiade Vektor Matematika Sd Mi"