Tips MengantarPaket Yang Kondusif Biar Tidak Gampang Rusak
Tips mengantarpaket – Bagaimana cara mengantarpaket yang kondusif supaya barang tidak cepat rusak ? Bagaimana cara mengemas paket yang benar ? Barang yang terlalu lama diantardan bungkus paket yang asal pilih dapat mengundang komentar buruk dari pelanggan.
Bagi pemilik toko online, menerima rating buruk sungguh merugikan. Apalagi menerima komentar yang gak lezat dari konsumen. Rating dan komen jelek bikin produk Anda sulit berkompetisi dengan toko online lain. Nah, salah satu hal yang paling sering dikomentarin pelanggan toko online yaitu ihwal pengantaran paket.
Untuk mengurangi komentar dan rating buruk, Anda mesti tahu bagaimana cara mengantarpaket yang aman biar selamat sampai tujuan.
1. Pilih Kemasan yang Kuat dan Tahan Air
Plastik (kantong kresek), bubble wrap, dan solasi bening ialah bahan yang paling kerap digunakan untuk mengemas paket. Selain harganya murah, materi plastik lebih berpengaruh dan tahan air dibanding kertas atau dus. Plastik juga tidak gampang sobek, sehingga kondusif saat dikirim oleh kurir.
Kemudian Bubble Wrap juga sering dipakai untuk melindungi barang yang rentan rusak atau pecah. Bubble Wrap mampu meredam benturan sehingga mengurangi barang rusak ketika diterima konsumen. Bubble Wrap lazimnya digunakan dikala mengirim barang pecah belah, unsur elektronik, mainan, dan lain sebagainya.
Bahan embel-embel lain yang mungkin mampu Anda gunakan adalah koran bekas atau styrofoam. Keduanya biasa dipakai untuk menutupi celah dalam boks agar barang tidak mudah goyang ketika dalam proses pengantaran.
2. Gunakan Packing Kayu ketika Kirim Barang Elektronik
Sebaiknya gunakan pengemasan kayu dikala mengirim paket barang elektronik, seperti: Desktop PC, laptop, TV LED, dan lain sebagainya. Kayu akan melindungi barang dari benturan barang lain ketika proses pengantaran. Selain barang elekytronik, packing kayu juga mampu dipakai dikala kirim barang pecah belah seperti guci, piring, atau cangkir.
Memasang pengemasan kayu memang cukup susah. Namun beberapa perusahaan pengantaran barang sudah menyediakan jasa pemasangan packing kayu di daerah. Makara Anda tinggal bawa barang yang ingin dikirim saja.
3. Gunakan Ice Gel untuk Frozen Food
Mengirim makanan melalui jasa pengantaran pasti ada balasannya sendiri. Anda harus cermat memilih jasa ekspedisi yang sempurna untuk konsumen Anda. Ada beberapa hal yang perlu diamati ketika mengirim makanan, khususnya jenis frozen food.
Sebelum dikirim, kemas produk di dalam box kardus yang besar lengan berkuasa. Bungkus kuliner bareng Ice Gel untuk mempertahankan suhu makanan tetap stabil selama proses pengiriman. Bungkus memakai Bubble Wrap biar makanan tidak rusak. Kemudian tempelkan stiker khusus “Frozen Food” dan laporkan ke jasa pengantaran yang Anda gunakan.
4. Masukkan Kartu Ucapan “Terima Kasih”
Untuk memberi kesan yang bagus pada konsumen, Anda bisa sertakan kartu ucapan “Terima Kasih” alasannya telah membeli produk di toko Anda. Walaupun hal ini sering diabaikan, namun memberi “keramahan tambahan” ke konsumen merupakan cara terbaik untuk menjadikannya datang kembali.
Mengirim paket dengan kartu ucapan juga pas untuk menarik hati pelanggan gres. Untuk isi kartu ucapan bisa Anda kreasikan sebagus mungkin. Jangan lupa sertakan nomor kontak atau media sosial yang bisa dihubungi kalau pelanggan ingin menyampaikan unek-unek.
5. Pasang Stiker “Barang Mudah Pecah/Fragile”
Jika Anda ingin mengantarpaket berupa barang pecah belah seperti piring, keramik, atau beling. Jangan lupa untuk menempelkan stiker Fragile atau barang mudah pecah. Untuk tulisannya mampu Anda kreasikan sebagus mungkin. Namun, kami sarankan lebih baik singkat dan terang. Alasannya agar lebih mudah dibaca dengan segera.
Selain itu, informasikan terhadap jasa ekspedisi yang Anda pilih. Tujuannya supaya kurir lebih berhati-hati saat mengirim barang Anda.
6. Tawarkan Opsi Pengiriman yang Lengkap
Pilih jasa pengiriman yang terpercaya dan punya cakupan luas. Ada baiknya Anda juga memilih jasa pengantaran instan untuk pelanggan yang ingin barang cepat hingga ke tempat tinggal. Setiap jasa pengantaran punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing.
Jika pilihan kurirnya lebih banyak, Anda mampu memberi keleluasaan ke konsumen untuk menentukan kurir yang paling mereka sukai.
Nah itulah tips mengirim paket yang bisa membuat konsumen betah belanja di toko online Anda. Pengemasan paket yang benar membuat pelanggan yakin bahwa barang yang dipesan ada dalam kondisi yang baik.
Sumber : √ Tips Mengirim Paket yang Aman Supaya Tidak Praktis Rusak (bhinneka.com)
Posting Komentar untuk "Tips MengantarPaket Yang Kondusif Biar Tidak Gampang Rusak"